Langsung ke konten utama

Cara membuat view / tampilan di Extjs

Sebelum memulai materi pembelajaran ini, setidaknya kamu sudah mengikuti dan mempraktekkan tutorial APLIKASI LOGIN (EXTJS 7.0.0), minimal Part 1 dan Part 2.


A. Cara 1: Membuat view Baru dengan SenchaCmd

Sebagai contoh, mari kita buat view users. Nantinya view ini kita gunakan untuk menu Users.

  1. Buka Terminal / CMD
  2. Masuk ke folder aplikasi:     cd MantapApp    
  3. Perintah generate view:    sencha generate view users.Users    
 Secara otomatis akan terbuat folder user, file view, controller dan view model user.



B. Cara 2: Membuat view Baru tanpa SenchaCmd

Sebetulnya untuk cara 2 ini, sudah pernah kita praktekkan di tutorial Aplikasi Login Part 2. Mari kita coba untuk membuat view groups.

  1. Di sisi kiri Text Editor, klik kanan folder app/view -> New Folder -> beri nama: groups


2. Di sisi kiri Text Editor, klik kanan folder app/view/groups -> New File -> beri nama: Groups.js


3. Di dalam file Group.js buat class baru seperti baris kode di bawah ini (boleh copas),

Ext.define('MantapApp.view.groups.Groups',{
    extend: 'Ext.panel.Panel',

    html: 'Tampilan Groups'
});



Seperti itulah cara membuat view baru, bisa pake cara 1 (sencha cmd) atau cara 2 (manual).



PENJELASAN BARIS KODE DARI PEMBUATAN VIEW


Isi baris kode dari file Users.js , UserController.js , UserModel.js dan Groups.js semuanya memiliki karakteristik yang sama.

  1. Mendefinisikan nama Class
    • format penamaan class view: NamaAplikasi.view.folder_view.nama_view
    • class controller: NamaAplikasi.view.folder_view.nama_controller
    • class view model: NamaAplikasi.view.folder_view.nama_viewmodel
    • Mau saya ubah formatnya pake format buatan sendiri, bisa? Bisa, tapi ini sudah masuk level advance. Kalau sering berkecimpung dengan OOP, dah bisa dengan sendirinya.
  2. Mendefinisikan config-config (atribut) dari Class yang dibuat.
    • config utama adalah extend , artinya class yang kita buat merupakan class turunan dari class lain. 
    • File view: Users.js dan Groups.js extend dari class Ext.panel.Panel 
    • File controller: UserController.js extend dari Ext.app.ViewController
    • File viewmodel: UserModel.js extend dari Ext.app.ViewModel 
    • Sebagaimana konsep OOP manapun, ketika suatu class melakukan extend / inherit dari class lain (sebut parent), maka class ini identik sama seperti parent.
    • Kita akan fokus dulu ke file view, yang extend dari class Panel. 
    • Panel merupakan salah satu komponen Extjs. Semua komponen yang kita lihat di kitchen sink ini, didefenisikan dalam class-class. Komponen grid = class grid, komponen form = class form, dsb.
    • Khusus untuk view, biasanya extend dari class Panel , Form atau Container.
    • Untuk config-config selain extend, seperti htmlaliasdata , dll disesuaikan dengan kebutuhan dalam pengembangan aplikasi. Setiap class yang dibuat extjs memiliki config-config yang sama atau bahkan berbeda. Bisa kita lihat pada dokumentasi manual extjs, seperti contoh di bawah ini.


 


Semoga bisa mudah dimengerti dan dipahami. Jika memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih.






Seri belajar extjs bahasa indonesia, seri tutorial extjs bahasa indonesia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download EXTJS 7.0.0 GPL

 Silahkan kunjungi laman berikut: https://www.sencha.com/legal/gpl/ Silahkan isi form yang berada di sisi kanan,  mulai dari nama, email sampai negara. Select Sencha Product : pastikan EXT JS Lalu klik tombol GET SDK . Cek email masuk dari Sencha. Di email tersebut ada link Download. Klik aja.  Selesai! Langkah-langkah di atas adalah cara yang disarankan untuk mengunduh resource sdk extjs. 😊 Berikut direct link download, jika sudah tidak bisa mengunduh EXTJS versi 7.0.0, karena secara default link downloadnya auto pointing ke versi extjs yang terbaru. ext-7.0.0-gpl.zip Versi Lama lainnya: ext-6.2.0-gpl.zip ext-4.2.0-gpl.zip Note: Link download extjs 7.0.0 Link download extjs 6.2.0 Link download extjs 4.2.0

Instalasi Odoo 12 di Mac OS (X)

Persiapan Pastikan sudah terinstall python3 (sangat direkomendasikan Python versi 3.6) dan pip3. Tutor lengkap instalasi baca di sini . Pastikan sudah terinstall Xcode Command Line Tools. Jika belum, buka Terminal lalu eksekusi perintah ini: xcode-select --install Download & Install postgresql (minimal versi 9.6).  Download odoo 12 , isi form, lalu gulir ke bawah ke bagian Odoo 12, Download Odoo Community yang Source , atau bisa klik direct link  ini. Instalasi Odoo Ekstrak odoo_12.0.latest.tar.gz Buka Terminal, buat virtual environment (venv) odoo12 : cd ~ mkdir venv cd venv python3 -m venv odoo12 Aktifkan venv odoo12 dan buat folder src cd odoo12 source bin/activate mkdir src Copy semua folder dan file yang sudah di esktrak di langkah 1 ke dalam folder src ( /home/ namausernamekamu /venv/odoo12/ src ). Install requirement odoo, jika ada error yang muncul silahkan di trace error-nya sampai semuanya berhasil terinstall. pip3 install -r require

Membuat Aplikasi Login dengan EXTJS 7.0.0 (Part 1)

Sebelum memulai pembuatan aplikasi login dengan framework Extjs 7.0.0 pastikan sudah menyelesaikan tugas-tugas berikut ini: Download SDK EXTJS 7.0.0 Install Sencha Cmd Sudah saya buatkan tutorial instalasi masing-masing sistem operasi (OS), tinggal ikuti saja. Jika masih menemukan kesulitan, silahkan bertanya di kolom komentar. PERSIAPAN Buat folder baru dengan nama: ProjectExtJS , lokasi bebas. Sebagai contoh saya membuat di /Users/gosantha/ProjectExtJS . Untuk pengguna windows, misal di drive D:\ProjectExtJS Buat folder baru lagi di dalamnya dengan nama: sdk_extjs   Pindahkan file  ext-7.0.0-gpl.zip  (SDK EXTJS 7.0.0) yang sudah di download ke folder sdk_extjs Ekstrak file  ext-7.0.0-gpl.zip    Kurang lebih seperti ini struktur folder projectnya. BUAT APLIKASI Buka Terminal (Linux/Mac) atau Command Prompt (Windows) Masuk ke folder  ProjectExtJS  dengan perintah cd ke_path_ProjectExtJS contoh punya saya: cd /Users/gosantha/ProjectExtJS contoh di windows, seperti di langkah persiapa